Senin, 07 April 2014

Kau, Aku & Sepucuk Angpau Merah - Tere Liye

Kau, Aku & Sepucuk Angpau Merah
Judul : Kau, Aku & Sepucuk Angpau Merah
Penulis : Tere Liye
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman : 512 halaman
Tahun terbit : 2012
Rating : 5/5 stars
Rating Goodreads : 4.07/5 stars
hadiah kuis @fiksimetropop

Sinopsis
Ada tujuh miliar penduduk bumi saat ini. Jika separuh saja dari mereka pernah jatuh cinta, maka setidaknya akan ada satu miliar lebih cerita cinta. Akan ada setidaknya 5 kali dalam setiap detik, 300 kali dalam semenit, 18.000 kali dalam setiap jam, dan nyaris setengah juta sehari-semalam, seseorang entah di belahan dunia mana, berbinar, harap-harap cemas, gemetar, malu-malu menyatakan perasaanya. Apakah Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah ini sama spesialnya dengan miliaran cerita cinta lain? Sama istimewanya dengan kisah cinta kita? Ah, kita tidak memerlukan sinopsis untuk memulai membaca cerita ini. Juga tidak memerlukan komentar dari orang-orang terkenal. Cukup dari teman, kerabat, tetangga sebelah rumah. Nah, setelah tiba di halaman terakhir, sampaikan, sampaikan ke mana-mana seberapa spesial kisah cinta ini. Ceritakan kepada mereka.

Adalah Borno, seorang pemuda Pontianak yang terlahir dari keluarga biasa dan tinggal di pinggiran sungai Kapuas bersama sang Ibu. Di umur 12 tahun, ayahnya yang merupakan seorang nelayan terjatuh ke laut dan tersengat ubur-ubur. Divonis secara klinis, ayahnya mendonorkan jantungnya pada pasien gagal jantung yang telah menunggu donor. Borno kecil kecewa dan marah, dia hanya bisa menangis.

Selepas SMA, Borno tidak bisa meneruskan kuliah akibat keterbatasan biaya. Borno mulai bekerja serabutan mengumpulkan uang untuk menggapai mimpinya.  Mula mula dia bekerja di perusahaan karet, namun sayang dia hanya bekerja 6 bulan karena perusahaannya bangkrut. Borno pun kemudian bekerja menjadi penjaga karcis di dermaga feri, sayangnya pekerjaan ini membuat Borno dimusuhi para pengemudi sepit dan juga Bang Togar karena feri merupakan saingan terbesar sepit. Kemudian ia menjadi petugas SPBU apung sementara, menjaga warung, mencari sotong, memperbaiki genteng, dan berbagai pekerjaan serabutan lainnya.

Hal ini membuat orang orang disekitarnya menjadi kasihan dan prihatin. Cik Tulani pemilik warung makan, Koh Acong pedagang Kelontong kemudian berbincang bincang dengan Ibu Borno yang kemudian menyarankan Borno untuk menjadi pengemudi sepit. Borno ingat betul pesan Bapak kepada Borno yang melarang Borno menjadi pengemudi sepit. Namun dalam hati Borno berjanji

“ Aku akan jadi orang yang baik, setidaknya aku tidak akan mencuri, tidak akan berbohong, dan senantiasa bekerja keras meski akhirnya hanya jadi pengemudi sepit.” – pg. 54

Berlatihlah Borno menjadi pengemudi sepit bersama Pak Tua. Setelah melewati “ospek” Bang Togar yang sangat tidak masuk akal, Borno pun resmi menjadi pengemudi sepit. Di penghujung hari Borno menjadi pengemudi sepit, Ia menemukan sebuah amplop merah di sepit yang ia kemudikan. Ia ingat gadis berwajah sendu menawan yang menumpang sepitnya. Borno yakin amplop merah tersebut terjatuh atau tertinggal dari tas gadis tersebut. Keesokan harinya, Borno terus mencari si gadis sendu menawan tersebut. Hingga akhirnya, dia melihat gadis tersebut sedang membagi bagikan angpau merah persis seperti yang ia temukan di sepitnya.

Gadis itu ternyata bernama Mei yang kemudian menjadi penumpang tetap sepit Borno. Borno setiap pagi selalu berangkat pukul 7.15 dan memilih urutan sepit nomor 13 demi mengantarkan Mei yang saat itu sedang kuliah lapangan di sebuah SD di Pontianak. Sayangnya, Mei harus kembali ke Surabaya, kembali ke rutinitas kuliahnya dan Borno masih tetap menjadi bujang dengan hati paling lurus sepanjang sungai Kapuas.

Apakah Mei dan Borno akan bertemu kembali? Baca selengkapnya di Kau, Aku & Sepucuk Angpau Merah.
******
Ini buku ketiga Tere liye yang saya baca. Harus saya akui, bahwa saya jatuh cinta dengan buku ini. Awalnya, saat buku ini sedang hot-hot nya saya memutuskan untuk tidak membelinya. Kenapa? Karena untuk ukuran novel Indonesia, harga buku buku Tere Liye cukup lumayan. Tapi sekarang saya tahu, bahwa ternyata harga mahal itu worth it sama isinya. Dan yang paling membahagiakan, saya mendapat buku ini bukan karena membelinya tapi karena saya cukup beruntung memenangkan kuis di twitter hahaha. Thank you, fiksimetropop!

Buku ini memakai sudut pandang pertama dengan alur maju mundur. Lebih membuat saya mudah menyelami karakter Borno dan karakter karakter lainnya. Borno yang digambarkan sebagai pemuda berhati paling lurus di sepanjang tepian Sungai Kapuas begitu konsisten menjaga  kelurusan hatinya, selalu menghormati yang lebih tua, dan begitu teguh memegang nilai nilai agama yang ada di masyarakat. Diam diam, saya sungguh mengagumi karakter Borno.

Karakter favorit saya yang lain adalah Bang Togar . Dia adalah karakter yang sifatnya keras dan galaknya minta ampun. Tapi jika ditelisik lebih dalam, Bang Togar ini karakternya lucu. Di beberapa bagian, saya senyum senyum dan tertawa ngakak melihat tingkahnya. Seperti misalnya saat Bang Togar ada masalah dengan istrinya yang membuatnya dijebloskan ke penjara. Kemudian dia menangis dan meminta maaf kepada semua orang, termasuk Borno. Mengingat Bang Togar lah yang sering kali menyuruh nyuruh Borno.

Saya juga begitu menyukai cara penulis menceritakan tempat, suasana, dan perasaan dengan sangat detail. Ditambah dengan selipan selipan humor atau sekadar kata kata ceplosan dan pengetahuan tentang mesin dengan bahasa yang tidak menggurui. Saya akui, saya sungguh menikmati membaca buku ini. Kisah cinta buku ini sungguh berbeda dengan kisah cinta yang lain. Kisah cinta yang memberikan pelajaran tentang arti sebuah kesabaran dan pengorbanan. Buku ini pantas diberi 5 bintang xD

Selamat merasakan cinta yang istimewa di buku ini :)

Cinta sejati selalu menemukan jalan, Borno. Ada saja kebetulan, nasib, takdir, atau apalah sebutannya. Tapi sayangnya, orang-orang yang mengaku sedang dirudung cinta justru sebaliknya, selalu memaksakan jalan cerita, khawatir, cemas, serta berbagai perangai norak lainnya. Tidak usahlah kau gulana, wajah kusut. Jika berjodoh, Tuhan sendiri yang akan memberikan jalan baiknya.


“Sejatinya, rasa suka tidak perlu diumbar, ditulis, apalagi kau pamer-pamerkan. Semakin sering kau mengatakannya, jangan-jangan itu semakin hambar, jangan-jangan kita mengatakannya hanya karena untuk menyugesti, bertanya pada diri sendiri, apa memang sesuka itu".

“Ah, tidak ada yang lebih indah dibanding masa muda. Ketika kau bisa berlari secepat yang kau mau, bisa merasakan perasaan sedalam yang kau inginkan, tanpa takut terkena penyakit atas semua itu.” 
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     

1 komentar:

  1. Jual MURAH novel "Kau, Aku, dan Sepucuk Angpao Merah" karangan Tere Liye !
    (masih baru di dalam plastik)

    Harga Normal: Rp97.000,-
    Harga Diskon: Rp70.000,-

    Cek page kami di tokopedia: https://www.tokopedia.com/sevenskiesbooks untuk daftar buku selengkapnya.

    Salam,
    Bofan (call/ sms/ whatsapp/ line: 0856-9169-0022)

    BalasHapus