Senin, 03 Maret 2014

Of Poseidon (The Syrena Legacy #1) - Anna Banks

Of Poseidon (The Syrena Legacy, #1)
Judul : Of Poseidon (The Syrena Legacy #1)
Penulis : Anna Banks
Penerbit : Square Fish
Tahun terbit : 2012
Bahasa : Inggris 
Genre : Young Adult, Romance, Fantasy
ISBN : 9781250027368
Harga buku : Rp 136.000 ( beli di opentrolley)
Ratings : 3/5 stars


Galen is the prince of the Syrena, sent to land to find a girl he's heard can communicate with fish. Emma is on vacation at the beach. When she runs into Galen—literally, ouch!—both teens sense a connection. But it will take several encounters, including a deadly one with a shark, for Galen to be convinced of Emma's gifts. Now, if he can only convince Emma that she holds the key to his kingdom...
Told from both Emma and Galen's points of view, here is a fish-out-of-water story that sparkles with intrigue, humor, and waves of romance.
Cerita bermula dari Emma McIntosh yang menghabiskan liburan musim panasnya bersama sahabatnya, Chloe di salah satu pantai di Florida. Emma kemudian tak sengaja menubruk Galen, pemuda tampan yang matanya berwarna sama seperti mata Emma -berwarna violet. Emma kemudian merasakan getaran listrik terhadap Galen, getaran yang sebelumnya belum pernah terjadi pada dirinya .Sebelum dia berpikir terlalu banyak, Dia dan Chloe kemudian menghabiskan waktunya bermain di pantai. Di saat itulah seekor hiu menyerang Chloe hingga tewas.

Galen Forza adalah seorang pangeran Syrena (re:mermaid) yang diutus ke daratan untuk menemukan seorang perempuan yang berdasarkan informasi, bisa berkomunikasi dengan ikan dan hidup bersama manusia. Hanya keturunan Poseidon lah yang memiliki kemampuan ini, dan yang mengejutkan, garis keturunannya sudah berhenti 80 tahun yang lalu. Jika keturunan Poseidon ini memang hidup, maka secara tradisi bahwa dia harus menikah dengan pewaris kerajaan Triton (Kakak Galen, Grom) demi kelangsungan kerajaan Syrena.

Galen pun kemudian mengetahui bahwa Emma adalah perempuan yang ia cari. Galen melihat Emma saat dirinya berkomunikasi dengan hiu yang menyerang Chloe. Galen pun kemudian mendaftar menjadi siswa baru di sekolah Emma. Galen mencoba mendekati Emma dan meyakinkannya bahwa dia adalah keturunan Poseidon, tetapi Galen terkejut saat ternyata, Emma tidak menyadari kemampuannya. Galen pun bertanya tanya siapakah orangtua asli Emma? Bagaimana mungkin Emma hidup bersama dengan manusia?


Singkat cerita, Emma ternyata seorang Half-Breed. Perpaduan manusia dengan seorang syrena. Bersama Galen, Emma kemudian menyelami dunia yang belum pernah ia bayangkan.  

"Which would be more important to Grom-upholding the law by not mating with a Half-Breed, or mating with one to ensure the survival of the Gifts? Galen doesn't know. But even if Grom chooses not to reproduce with Emma, will he allow Galen to take her as his mate? Because if Romul and Atta are right, Emma will never sprout a fin. Which means Galen will have to live with her on land. Is it worth it? To give up years of my life to be with her? Galen thinks of the curve of her hips, the fullness of her lips, the way she blushes when he catches her looking at him. And he remembers how sick he felt when Dr. Milligan indicated Emma would die before him.Oh, yes. It's absolutely worth it."
Of Poseidon adalah buku pertama dari serial The Syrena Legacy. Ini kedua kalinya saya baca buku tentang mermaid. Pertama kalinya saya baca buku tentang mermaid itu yang judulnya Ingo. Bedanya, Ingo adalah buku yang 'family' banget. Jadi bisa dikatakan romancenya gada sama sekali. Beda dengan Of Poseidon yang romance lumayan banyak.

Awalnya saya gada niat untuk baca buku ini dulu. Tadinya, Saya masih mau menyelesaikan Allegiant. Shatter Me, dan bukunya Allan Pease. Tapi gatau kenapa, cover bukunya selalu melambai lambai setiap kali saya liat. Jadi, yasudahlah. Saya baca buku ini pukul 10 malam, dan saya ga tidur semalaman sampe jam 6 pagi!!! (Saya kebut sampe buku kedua -_-) Dan habis itu saya KO langsung nempel di pulau kapuk sampai tengah hari (Untunggg masih liburan, saya gatau kalo ternyata itu hari kuliah mungkin wajah saya udah kayak zombie). Saya ga nyangka baca buku ini ternyata bikin nagiih, twist twistnya yang  bikin saya melongo dan tepok jidat.


Oke deh, biar gampang. Saya menjabarkan beberapa point yang saya bikin tertarik dengan buku ini selain covernya.

  1. Mitologi Syrena (Kalo bahasanya kita mah mitologi tentang putera dan puteri laut. Tapi emang sih syrena lebih enak didengar daripada mermaid xD). Saya cukup menikmati tentang detail tentang Syrena, peran peran mereka dan bagaimana mereka menemukan 'mate' (Bagi kalian pembaca setia Wattpad, apalagi cerita werewolf. Tema mencari 'mate' itu pasti udah gak asing). Dan Kerajaan keturunan Poseidon dan Triton yang sama sama memiliki kekuatan dan bermusuhan juga cukup menarik untuk dibaca. Untuk Poseidon dan Triton disini digambarkan sebagai kakak Adik. Berbeda dengan Mitologi Yunani yang pernah saya baca, yang saya tahu sih Triton anaknya Poseidon. Jadi kalian yang pengen baca buku ini karena mengharapkan mitologi Yunani. Kayanya lebih mending cari buku lain aja :p
  2. Penggambaran dunia bawah laut yang eksotis. Of Poseidon menggambar suasana bawah laut yang eksotis dengan interaksi interaksi makhluk aquatic yang ada disana. Bahkan sampai ke bawah perut laut. Saya suka bagian Galen ngajak Emma mengeksplor Titanic dan menemukan kekuatan Emma yang bisa bertahan lama di bawah laut.
  3. Karakter karakter sampingan. Keberadaan karakter karakter seperti Rachel, Toraf, dan Rayna semakin menambahkan kehangatan. Rachel yang manis, ceria, dan lucu. Rachel ini manusia, salah satu dari dua manusia yang dipercaya Galen untuk mengurusinya di daratan (ex. sekolah, makanan, rumah)  Kemudian Toraf, Toraf ini sahabatnya Galen yang juga mate-nya Rayna. He is the charming and often hilarious sidekick :)). Dan yang terakhir, si Rayna yang juga saudara kembarnya Galen. Dia keras kepala banget. Awalnya saya sebel ih sama dia, tapi lama kelamaan jadi lumayan suka sama dia. Yang jelas bisa aku bilang, kalo karakter karakter sampingan disini sama menariknya sih sama yang karakter karakter utama.
  4. Sudut Pandang. Jadi di buku ini, sudut pandang yang dipake adalah sudut pandang orang pertama pihak Emma (Emma) dan sudut pandang orang ketiga pihak Galen. Awalnya, bikin bingung sih tapi lama kelamaan, jadi malah enak kalo sudut pandangnya berubah ubah.

Tapi, ada juga beberapa poin yang bikin saya bete dan mengganjal di hati :
  1. Ending. Cliffhanger. Rasanya saya pengen teriak dan tujes tujes itu penulisnya :(. Juahaaat!! Inilah yang membuat saya akhirnya membuka buku yang kedua. Cobaak kalo ternyata aku gada buku keduanya, entah apa yang aku lakukan sama buku ini. Endingnya mengingatkan saya pada Insurgent. Iyaaak, di saat saat penting dan krusiaal gituuh. Suebeel bangeet -___-
Jadi karena endingnya lah akhirnya saya memutuskan mencopot satu bintang hihihi. Sebelum membaca ini, saya sempat membaca beberapa review yang ngasih buku ini 1 bintang. Awalnya jadi gimana gituu, tapi karena covernya jadi saya kasih kesempatan deh (Ciee). Mungkin karena ini buku mermaid romance pertama yang saya baca, yang saya gada bayangan sebelumnya. Trus karena sinopsinya bagus trus rating kumulatif goodreads mencapai angka 4 lebih. Jadi ya apa salahnya dibaca? Dan setelah dibaca, saya enjoy enjoy aja sih. Semuanya balik ke selera hihihi.

Ps : Saya ada ebook (.epub) buku 1 dan buku 2. Jadi kalo ada yang mau minta, silakan tinggalkan email di komentar atau mention saya di twitter (bisa dibaca di Contact Me) ;)

Of Triton (The Syrena Legacy, #2)Of Neptune (The Syrena Legacy, #3)
Buku yang kedua (Of Triton) dan buku ketiga (Of Neptune). Buku kedua sudah terbit 2013 dan Buku ketiga baru akan terbit rencananya Mei, 2014



4 komentar:

  1. Horeeee Niva suka bukunya!
    Ini serial udah dari jaman kapan tau aku simpen tapi ga disentuh-sentuh sampe sekarang. Jujur ga terlalu tertarik sama mitologi yunani (soalnya bingung hihi) tapi penasaran sama mermaid life & romance-nyaaaa ;)
    Nice review, Niv!

    BalasHapus
    Balasan
    1. IIih eman eman banget, udah punya tapi gak dibaca haha :p
      Thankyouu Ta! xD

      Hapus
  2. Haloo~ wah aku juga tertarik sama cerita mermaid+ada mitologi yunaninya ya? sepertinya bagus banget, boleh ya dikirim via email ke aprilfitri@yahoo.com aku juga udah baca Ingo tapi ga minat nerusin soalnya ga bikin penasaran banget

    BalasHapus
  3. Hallo salam kenal mba....Boleh ikutan minta ebook nya dunk mba...Kalau boleh silahkan dikirim ke rpsaputri@gmail.com terima kasih sebelumnya...��

    BalasHapus